Inco: Eksplorasi Emas di Dompu dengan Vale Brasil

PT Vale Indonesia (Inco) menegaskan tidak terlibat dalam kegiatan eksplorasi emas di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama PT Aneka Tambang (Antam).

Senior Manager Communication Inco, Budi Handoko, meradang soal pemberitaan terkait eksplorasi emas di Dompu ini. Sebab menurutnya, opini yang terbangun bahwa eksplorasi emas dilakukan oleh Vale Indonesia (Inco) dan Antam. Padahal menurutnya, yang terjadi adalah kerja sama antara Antam dengan Vale S.A yang berbasis di Brasil. Sehingga yang lebih mengetahui soal adanya besaran cadangan emas di Kabupaten Dompu adalah Vale S.A.

“PT Vale (Indonesia) tidak memiliki dan menjalankan operasi eksplorasi bijih emas di NTB. Hingga saat ini, PT Vale hanya menjalankan kontrak karya dengan pemerintah untuk operasi penambangan dan pengolahan nikel di Sulawesi,” ungkap Budi Handoko kepada tambang.co.id, Senin (21/5)

Sejauh ini kegiatan penambangan Inco memang berada di sekitar Sulawesi, yang tersebar di Blok Sorowako, Blok Bahodopi dan Blok Pomala.

Sebelumnya, kabar penemuan cadangan emas tersebut beredar setelah Direktur PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Vale dan Aneka Tambang (Antam) berhasil dalam eksplorasinya di NTB. Bahkan pimpinan Holding BUMN Tambang ini juga menjabarkan soal bocoran jatah antara Vale dan Antam atas penemuan tersebut.

“Ini kongsinya sama Vale, mereka punya 75 persen sementara Antam 25 persen. Antam hanya 25 persen karena tidak punya modal,” ujar Budi Gunadi dalam acara buka puasa bersama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno, Jumat lalu (18/5).

 

Penulis : muflihun hidayat ([email protected])
Sumber Berita & Foto : www.tambang.co.id (22 Mei 2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *